SpongeBob SquarePants

Senin, 03 Juni 2013

Usaha Modal Kecil : Manfaatkanlah Internet!

Salah satu modal usaha yang paling menjadi momok adalah : ruang usaha. Apalagi kalau bisnisnya memang membutuhkan “perhatian” publik. Jadi lokasi usaha harus ditempat ramai, di pasar, mall atau persimpangan jalan, yang sudah pasti biaya sewanya mahal (apalagi kalau beli!). Tapi saat ini, mulai bertebaran para pebisnis sukses yang bisa meraup puluhan juta perbulan padahal mereka hanya menjalankan usaha dan bisnis modal kecil. Tapi mereka sudah pandai mengantisipasi jaman. Mereka memanfaatkan teknologi internet untuk pemasarannya!
Jelas, pemanfaatan internet itu menghilangkan biaya sewa ruang usaha. Nggak perlu ruko, toko atau kedai. Yang diperlukan adalah media online. Itupun bisa gratis, misalnya menggunakan Facebook atau blog-blog gratis yang banyak disediakan saat ini. Dengan menggunakan internet, pelaku bisnis juga tidak perlu memakai banyak karyawan, karena kalau sudah jualan online hampir-hampir self service.
Berikut beberapa kelebihan lainnya :
  1. Luas jangkauan, nggak terbatas geografis
  2. Bisa buka 24 jam
  3. (pssst) Nggak kena pajak :D
Yang terberat dalam menekuni bisnis dengan media internet adalah pemasarannya. Kalau mau pemasaran yang gratis, anda harus belajar banyak tentang internet marketing. Tapi kalau anda merasa hanya ingin fokus pada penjualan dan managemen, serahkan saja urusan marketing kepada digital agency atau jasa internet marketing. Sekarang banyak jasa sejenis yang bisa anda temui dengan hanya googling sebentar saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar