SpongeBob SquarePants

Senin, 03 Juni 2013

Keunikan Indonesia Tak Tersaingi

INDONESIA memang kaya akan berbagai kebudayaan yang beraneka ragam. Namun demikian, perlu penyesuaian jika ingin memasarkan produk bercita rasa Indonesia ke luar negeri.

Geliat industri fashion Tanah Air pun kini mulai terasa. Menjamurnya fashion week seakan menandai era baru dunia mode Indonesia.

"Indonesia tak perlu berkompetisi dengan Milan, Paris, atau London. Kita punya keunikan yang tidak dimiliki negara lain," tutur Ali Charisma dalam seminar bertajuk How to Blending Culture Into Fashion, yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Sabtu (1/6/2013).

Ali tak menampik, budaya yang dimiliki Indonesia memang begitu kaya dan bernilai. Namun demikian, secara bisnis, tetap perlu penyesuaian agar lebih diterima.

"Fashion itu punya dua aspek, bisnis dan kreatif. Untuk batik, misalnya, jika belum bisa diterima materialnya mungkin bisa dimulai dengan motifnya terlebih dahulu. Sehingga minimal orang kenal dengan batik," urainya.

Dengan mengenal negara tujuan, pelaku industri fashion juga bisa menentukan koleksi apa yang cocok untuk dipasarkan. "Kalau ingin koleksinya laku, ibaratnya mereka adalah raja dan kita yang harus melayaninya. Tapi bukan berarti harus kehilangan jati diri, hanya perlu penyesuaian," tutupnya


Ali Charisma (Foto: Dok.Okezone)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar