SpongeBob SquarePants

Jumat, 21 Juni 2013

Penipuan Lowongan kerja

    Assalamualaikum...
Teman_teman Kali ini ceritaku akan Menceritakan tentang kisah pribadi saya ,
Yaitu , tentang Penipuan lowongan Kerja, sebenrnya sih gue dah pernah baca cerita Lowongan kerja penipuan disalah satu blog,.
tapi gue pengen ngebuktiin sendiri kebenarannya. ya walaupaun ilang duit Rp.50.000

    Awal mulanya gue iseng-iseng Buka situs web T*k*bag*s.com , tadinya mau liat-liat motor, tapi dah bosen gak ada yang srek yang di pasang di iklan.
*abis Harganya mahal-mahal* , hehehe
Terus gue Buka tuh info lowongan kerja di situs yang sama, Pas itu gue Liat tuh, ada info lowongan kerja Jadi Admin Ex/Im barang dari luar negeri untuk di tempatkan di Kawasan BSD City,
nama PT'nya Gak tau apaan gak jelas, Global apaan gtu. kalo gak salah Global Commpany
Dan gajinya pun wah Lumayan Gedeeee, 2-4 juta/perbulan * Dalem Hati , Boleh Juga nih*.

Langsung aja gue ambil Handpone dan gue hubungi no yang tertera di iklan tersebut. Gak pake lama kemudian dapet respon dari pihak HRD,
dia bilang " Besok Jam 9 langsung saja datang untuk interview  bertemu dengan saya ibu Natalia".

Keesokan harinya Gue Ngasih tau ke Ibu Natlia klo gue gak bisa interview jam 9, bisa jam 1 siang. dan dia bilang gpp masih di tungguin.
Jam satu Tepat gue mulai berngkat ke kawasan BSD City, Setelah agak muter-muter dikit nyariin kantornya akhirnya ketemu.
Pas gue masuk, Dalem hati *katanya Ex/Im Barang, tapi mana barang-barangnya*. Tapi gue lanjutin tuh untuk interview di lantai 2,
 Setelah Ketemu ternyata bukan ibu Natalia yang nemuin w, tapi Laki Kayak lekong gitu *Hadeh Parah banget*
namanya dony , #nama smaran ,

setelah Bla-bla-bla ngejelasin, Dia bilang harus bayar Uang pendaftaran sebesar Rp.50.000 rupiah Itu untuk bayar kertas pendaftaran dan tes psikotes. KATANYA SIH GITU
Dia juga bilang klo Tes Psikolognya gak lulus Uang yang 50.000 tadi akan di kembalikan. dan hasil tesnya di umumkan keesokan harinya. kalo lulus langsung kerja. dan dia cuma ngejelsin sampe disini ,

Karena gue Pengen Ngebuktin tentang perusahaan penipuan Yang pernah di alami banyak orang baik yang cerita langung maupun cerita lewat dunia maya.
Akhirnya gue bayar tuh 50.000 rupiah.
gue di kasih waktu 15 menit untuk ngisi 15 soal pilihan ganda yang Bener-bener GAJEBO alias Gak Jelas BOo , dan w isi asal-asalan aja.
sedangkan Pihak HRDnya lagi buat kwintansi pembayarn dan gak tau ngurusin kertas apaan lagi.

Setelah selesai ngisi soal yang gak jelas tadi ,, dia ngoreksi  beberapa jwaban yang gue pilih dan alhasil salah semua bro , hehe
kemudian gue di kasih 3 lembar kertas lagi, yang salah satu isinya adalah surat perjanjian kontrak kerja, yang 2 lembar gak tau apaan.

Dia ngjelasin bebrapa hal lainnya bla-bla-bla , gue iya iyain aja.
Dan bilang , " Kamu bisa langsung tanda tangani surat konntrak kerja ini , asal bayar Rp.550.000 "  alesannya sih buat biaya training selama satu hari.
Nah disitu yang bikin gue tambah curiga harus bawa harus  matrai 6000 2 lembar untuk gak tau perjanjian yang lainnya.,

Tapi kali ini gue yang gantian nanya ke Pihak HRD,
Gue Nanya :  " Pak katanya besok Hasil Tes baru umumkan , kok sekarang udah di kasih Surat konrtak" ?
         HRD :   "Iya , Kalo kamu mau bayar yg saya bilang tdi kamu lngsung bisa tanda tanganin, mungkin jawaban kamu  tadi 70 % lah betul, trus klo kamu mau nunggu besok hasilnya
                      kamu harus ikut seleksi dengan peserta lainnya." itu artinya kemungkinan kecil untuk bisa di terima.
                     * Dalem hati w , hebat bgt ,orang gua asal-asalan ngisi bisa 70 % betul. Tadi aja jelas" waktu di koreksi beberap nomor salah semua.*
Gue jawab aja tuh : " Pak saya kesini mau nyari kerjaan biar dapet duit , buaknnya malah ngeluarin duit, Ya udah pak, Saya nuggu hasilnya besok aja, gpp saya ikut lomba sama peserta tes yang lainnya,
Dia malah maksa : " Ya udah , Kamu punya duitnya berapa buat DPnya 50.000 juga gpp, nanti sisanya 2 minggu kemudian bisa di lunasi, tapi harus di lunasi  semua dulu baru bisa kerja . *Dalam hati lgi nih , Pala Lu penyang*
 Gue diem sejenak,                           
sambil Baca-baca tuh isi kertas yang di kasih, di sini w nemuin kejanggalan sedikit ,
Tadinya kan dia bilang kerjanya jadi Admin . Tugasnya kan  Gak jauh " dari I/O Data kan.

Nah ini  di kertas  Disebutin tugasnya , Jadi HRD Rekrutmen, Pokonya yang bersangkutan dengan Perekrutan Calon Pekerja Baru.
Gue mikir jangan-jangan Kalo gue beneran bayar 550.000 kerja gue bukan jadi Admin,
Tapi kayak iNi orang , Kerjanya cuma nipu orang , Nyari mangsa nyuruh bayar 550.000 . Tar kalo Mangsanya mau bayar, lalu diterima kerja,  dia nayri mangsa lainnya, dan nyruh bayar dg nomonal yang sama , sampai seterunya.

Gue mangap lgi tuh : "Pak Kalo Saya di terima kerja , Kerja dimna ? Kok Gak ada toko dan Barang-barangnya ?"
HRDnya Kayak linglung gitu jawbya:  " Iya , kerjanya disini,  kita gak buka toko disini , kita cuma menggunkan dokumen yang sudah ada. *Kan aneh Banget*

Abis itu dia maksa-maksa lagi Bla bla bla... ya intinya Supaya duit gue Keluar lagi, Sampe sampe 20.000 ribu juga gak papa kaytanya. :D *Melas banget*

Tapi w tetep gak mau , dan gue bilang kalo mau nunggu hasil tesnya aja besok.
Mungkin saking keselnya tuh orang, ngatain w, "rempong banget kamu." Di Kasih gampang Gak Mau.
* Dalem Hati , Gak Maulah Orang kerjaannya juga gak jelas, Gak ada toko gak ada apa-apa, cuma ada Ruang yang di sekat-sekat dan orang di interview doang.

Trus gue buru-buru aja minta tuh pamit , Dan Gue Bilang , saya nunggu hasil tesnya saja pak, dan kalo keterima  nanti saya pikirkan lagi.
Capcus Deh Gue..

Sebelum w turun sampe ke lantai 1, gue masih di tangga lgi pake jaket, Dan gue ngedenger Dia ngomong sama temennya, "YAH GAGAL"
Dan temennya ngejawab: "Kenpa ? Gak mau tuh anak " .

Udah itu gue langsung turun dan hentakin suara sepatu dengan keras.


Besok paginya gue Dapet SMS dari itu orang, Isi SMSnya  klo gue lulus Tes. Dan bisa langsung sambil kerja bawa duit ma matarai 6000 2 lembar.
Gue Bales aja Tuh : " Hebat ya pak, Saya ngisi asal-asalan Tesnya bisa lulus, Makasih pak, tapi saya tidak ingin melanjutkan , Karena tidak punya uang.
dan Uang yang 50.000 Kemarin ambil aja, itung itung sedekah Buat anak istri bapak. Thkans."

Abis itu Gak di bales lagi sama tu orang.

Nah itu cerita dan pembuktian asli yang pernah gue alami ,
So Buat temen-temen hati-hati dengan rekrutmen pekerjaan yang tidak jelas latar belakangnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar